Ditreskrimsus Polda Sumut Akhirnya Tangkap Mantan Bupati Batubara Zahir Dini Hari

Zahir menjadi tersangka kasus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dinihari, Selasa 3 Agustud 2024, mantan Bupati Batubara ini

Editor: PoskotaSumut.id author photo


MEDAN - Zahir menjadi tersangka kasus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), d
inihari, Selasa 3 Agustud 2024,  mantan Bupati Batubara ini ditangkap Tim Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut dari kediamannya di Lima Puluh Batubara.

Berdasarkan informasi dihimpun wartawan, Zahir ditangkap di rumahnya di Lima Puluh Batubara sekitar pukul 02.00 WIB dinihari. Puluhan polisi menggelandang politisi PDIP ini ke Mapolda Sumut. 

Tak ada perlawanan dalam penangkapan itu. Selama kasus PPPK bergulir, Zahir dinilai tak kooperatif dalam statusnya menjadi tersangka sejak beberapa waktu lalu.

Kapolda Sumut melalui Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Kombes Andry Setiawan membenarkan ditangkapnya Zahir. “Iya,” katanya, Selasa 3 September 2024, pagi menjawab pertanyaan wartawan. 

Mantan Kabid Hukum Polda Sumut ini juga menyatakan, Polda Sumut akan menahan Zahir. “Iya,” jawabnya singkat menjawab apakah tersangka dugaan korupsi seleksi PPPK tahun 2023 ini akan ditahan.

Beberapa waktu lalu, Zahir sempat mendaftar sebagai calon Bupati Batu Bara di Pilkada 2024 ke KPU meski masih berstatus sebagai tersangka di kasus seleksi PPPK tahun 2023. 

Polda Sumut pun memastikan proses hukum yang menjerat Zahir akan tetap berjalan. “Jadi, prosesnya tetap berjalan,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Jumat 30 Agustus 2024.

Hadi membantah pihaknya memberikan keringanan atau keistimewaan kepada Zahir dalam kasus itu.  "proses penyidikan tetap berjalan dan saat ini penyidik tengah menunggu hasil penelitian jaksa terkait berkas kasus PPPK itu."terangnya.

Pendaftaran Zahir menjadi salah satu kontestan di Pilkada Kontestasi Pilkada Batu Bara 2024 diprotes berbagai elemen. 

Meskipun kasus hukum masih membelitnya, Zahir tetap melenggang dengan percaya diri saat mendaftarkan diri di KPU Batu Bara bersama calon Wakil Bupati, Aslam Rayuda. ujar Nurizat SH, Sabtu 31 Agustus 2024.

Dengan arak-arakan ratusan pendukung, pasangan Zahir-Aslam tiba di gedung KPU Batu Bara sekitar pukul 14.30 WIB. Didampingi Ketua DPRD Batu Bara, Safii, rombongan ini disambut oleh Ketua KPU Batu Bara, Erwin, dan beberapa komisioner lainnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini